Sukses Sekolah di Luar Negeri

boediono1  Siapa yang tidak mengenal sosok Prof Dr. Boediono? Pria kelahiran Blitar 69 tahun silam ini merupakan seorang Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2009 sampai 2014. Beliau memiliki teladan yang baik, apalagi bagi kalangan muda – mudi Indonesia.

Terlepas dari profesi beliau sebagai wakil presiden RI, ternyata rekam jejak beliau di bidang pendidikan patut diacungi jempol. Pasalnya, berawal dari prestasi gemilang beliau yang selalu konsisten dalam mempertahankan Indeks Prestasi (IP) saat masih berkuliah di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1960, berbagai macam beasiswa kemudian mengantri di depan beliau. Lantas, beliau memilih satu beasiswa, yakni beasiswa pertukaran pelajar ke Australia National University yang terletak di Canberra.

Kemudian di tahun 1967, Prof Dr. Boediono lulus dari Australian National University dengan predikat ‘lulus dengan pujian’. Bak seorang yang haus akan ilmu, beliau tidak berhenti belajar begitu saja. Beliau kemudian melanjutkan pendidikan ke level berikutnya di Monash University yang terletak di Melbourne, Australia. Beliau lulus pada tahun 1972 dan dianugerahi gelar ‘Master’.

Tak cukup sampai disitu, ternyata semangat menuntut ilmu yang dimiliki pak Wapres kita ini masih menggebu – gebu lho. Tak tanggung – tanggung, pada tahun 1979 beliau berhasil menyelesaikan studi doctoralnya di Wharton School of the University of Pennsylvania, Amerika.

Rekam Jejak Karir Prof Dr. Boediono di Bidang Pendidikan

boedionohonoriscausa1

Memiliki segudang ilmu tidaklah berarti jika belum diamalkan. Prinsip inilah yang kemudian membuat Prof Dr. Boediono acap kali mengabdikan dirinya pada dunia pendidikan. Tercatat pada tahun 1970an, beliau sempat bekerja sebagai asisten peneliti di Indonesia Project, Australian National University, Canberra.

Bahkan di usia beliau yang kala itu berusia 64 tahun, pengabdiannya di bidang pendidikan masih tetap bersinar terang. Alhasil, pada tanggal 24 Februari 2007, Prof Dr Boediono dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan memperoleh gelar ‘Profesor’.

Berita ini kemudian sampai ke telinga Monash University Australia sehingga mereka pun tergugah oleh dedikasi beliau. Tepat pada tanggal 13 Februari 2013 di Istana Wakil Presiden Jakarta, Pak Wapres kita tercinta ini memperoleh gelar ‘Doctors of Laws Honoris Causa’, yang secara langsung disematkan oleh delegasi Monash University.

Karir Prof Dr. Boediono di Bidang Pemerintahan

Karir Prof Dr. Boediono di pemerintahan mulai menonjol sejak diangkat menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional dalam Kabinet Reformasi Pembangunan pada tahun 1998.

Berkat performa apiknya, di tahun 2001 Prof Dr. Boediono diangkat menjadi Menteri Keuangan dalam Kabinet Gotong Royong.

Prestasi demi prestasi kemudian terus ditorehkan beliau. Termasuk dalam menekan laju inflasi dan pengembangan usaha mikro yang mengarahkan pergerakan perekonomian Indonesia kearah yang lebih stabil.

Hal inilah yang membuat popularitas beliau melejit. Tepat pad atanggal 5 Desember 2005, Prof Dr. Boediono diangkat menjadi Menteri Koordinator bidang Ekonomi di Kabinet Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono.

Tanggal 9 April 2008, Prof Dr. Boediono diangkat sebagai Gubernur Bank Indonesia. Lagi – lagi perekonomian Indonesia mengalami perkembangan pesat. Tak ayal, berselang satu tahun kemudian, Prof Dr. Boediono terpilih sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

  • Kampus tempat Prof Dr. Boediono Belajar di Australia

Australian National University (ANU)

Australian National University atau yang lebih dikenal dengan ANU, merupakan public university yang terletak di kota Canberra. Kampus ini menurut Australian List University bertengger di urutan teratas se-Australia. Kampus ini dibentuk pada tahun 1946 langsung dibawah kendali pemerintahan Negara Australia.

Informasi lebih mendalam tentang Australian National University bisa anda baca di:
http://konsultanpendidikan.com/2013/04/05/program-program-akademik-australian-national-university

  • Monash University

Universitas Monash atau yang lebih ngetop disebut Monash University terletak di kota Melbourne, Australia. Universitas ini didirikan tahun 1958 dan tercatat sebagai universitas tertua ke dua di negara bagian Victoria. Universitas Monash dengan 45.000 mahasiswa jenjang S! dan 17.000 mahasiswa jenjang S2, merupakan universitas dengan mahasiswa terbanyak di Australia

Informasi lebih mendalam tentang Monash University bisa anda baca di:
http://konsultanpendidikan.com/2012/11/22/mengapa-kuliah-di-monash-university/

Anzac Education Counsellors
Berdiri sejak tahun 1979
http://www.konsultanpendidikan.com
Pusat Niaga Roxy Mas Blok D1/27
K.H. Hasyim Ashari Jakarta Pusat 10150
Telp : 021 – 63858508
Fax : 021 – 63858509
Email : info@konsultanpendidikan.com
YM : anzaceducation
FB : Anzac Education Counsellors
Twitter : @anzaceducation
BB pin : 218CB797
LineChat : AnzacEducation
WeChat : AnzacEducation
WhatsApp : 081295111829

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers

%d bloggers like this: